Senin, 29 April 2019


BUMI SEBAGAI PLANET
Bumi adalah salah satu planet yang diketahui dengan adanya kehidupan sampai saat ini. Sifat-sifat bumi sering digunakan sebagai acuan untuk memahami sifat-sifat planet yang lain.

1. Rotasi Bumi
Rotasi bumi adalah perputaran bumi pada porosnya. Rotasi bumi memerlukan waktu 23 jam 56 menit. Arah rotasi bumi dari barat ke timur. Rotasi bumi menyebabkan hal-hal berikut.

a. Gerak semu harian matahari
Sepanjang pagi hingga petang hari, matahari seolah-olah bergerak. Matahari terbit di sebelah timur, lama-kelamaan bergerak dan tenggelam di sebelah barat.

b. Terjadinya siang dan malam serta perbedaan waktu
Kala rotasi bumi lebih kurang 24 jam, sehingga tiap jam berbeda bujur sebesar 360 Jika letak bujur standar di sebelah barat bujur nol, maka waktunya dikurangi. Adapun jika letak bujur standar di sebelah timur bujur nol, waktunya ditambah. Waktu di daerah bujur timur adalah waktu Greenwich ditambah selisih jam.

c.  Pembelokan arah angin
Pembelokan arah angin berdasarkan hukum Buys Ballot yang berbunyi:
1) udara bergerak dari tempat yang bertekanan tinggi ke tempat yang bertekanan rendah,
2) di belahan bumi selatan, angin membelok ke kiri, sedangkan di belahan bumi utara angin membelok ke kanan.

d. Pembelokan arah arus laut
Gerak pembelokan arah angin dan arus laut disebut efek Coriolis. Arus laut memang disebabkan oleh angin. Di belahan bumi utara, arus laut membelok searah jarum jam, sedangkan di belahan bumi selatan, arus laut membelok berlawanan arah jarum jam. Akibat rotasi bumi, bentuk bumi tidak bulat sempurna, tetapi agak lonjong (elips). Diameter bumi di daerah kutub sebesar 12.714 km, sedangkan di daerah khatulistiwa 12.757 km.

2. Revolusi Bumi
Revolusi bumi adalah peredaran bumi mengelilingi matahari. Revolusi bumi memerlukan waktu 365,25 hari atau 1 tahun. Pada saat mengelilingi matahari, bumi memiliki bidang orbit yang disebut ekliptika. Arah revolusi bumi berlawanan arah dengan perputaran jarum jam. Revolusi bumi menyebabkan hal-hal berikut.
a. Terjadi gerak semu tahunan matahari
Matahari tidak setiap saat berada di khatulistiwa. 
Pada tanggal 21 Maret, matahari berada di khatulistiwa untuk waktu tiga bulan (21 Maret– 21 Juni), matahari mulai bergeser dari khatulistiwa menuju ke GBU
(Garis Balik Utara = garis 23,5oLU). Tiga bulan berikutnya (21 Juni– 23 September) matahari bergeser lagi dari GBU menuju ke khatulistiwa. Tiga bulan berikutnya lagi (23 September–22 Desember), matahari bergeser lagi dari khatulistiwa menuju ke GBS (Garis Balik Selatan = garis 23,5oLS). Akhirnya, tiga bulan berikutnya (22 Desember– 21 Maret), matahari bergeser lagi dari GBS menuju kembali ke khatulistiwa.
b. Terjadi perbedaan lamanya siang dan malam
Adanya kemiringan sumbu bumi 23,5o menyebabkan perbedaan lama siang dan malam. Pada saat matahari berada di khatulistiwa (21 Maret dan 23 September) semua tempat di bumi, kecuali di kutub mempunyai waktu siang dan malam yang sama, yaitu 12 jam. Pada saat matahari berada di GBU (Gambar 13.9.a), maka belahan bumi utara mengalami siang lebih lama dibandingkan malam hari, sedangkan belahan bumi selatan mengalami siang hari lebih pendek dibandingkan malam hari. Pada saat matahari berada di GBS (Gambar 13.9.b), maka belahan bumi selatan mengalami siang hari lebih lama dibandingkan malam hari, sedangkan belahan bumi utara mengalami siang lebih pendek dibandingkan malam hari.

c. Pergantian musim
Adanya kemiringan sumbu bumi 23,5o mengakibatkan kecondongan arah sumbu bumi berubah-ubah, sehingga mengakibatkan juga terjadinya pergantian musim. Adapun, pergantian musim di bumi adalah sebagai berikut.
1) 21 Maret - 21 Juni
Belahan bumi utara mengalami musim semi (spring),
sedangkan belahan bumi selatan mengalami musim gugur (autumn).
Gambar 5.8 : Posisi Bumi Dan Musim

 
2) 21 Juni - 23 September
Belahan bumi
utara mengalami musim panas (summer), sedangkan belahan
bumi selatan mengalami musim dingin (winter).
3) 23 September - 22 Desember
Belahan bumi utara mengalami musim gugur
(autum), sedangkan belahan bumi selatan mengalami musim
semi (spring).
4) 22 Desember–21 Maret
Belahan bumi utara mengalami musim dingin (winter), sedangkan
belahan bumi selatan mengalami musim panas (summer).

Kala revolusi bumi digunakan sebagai dasar utama dalam
penghitungan tahun Syamsiah atau tahun Masehi (kalender matahari).
Pada tahun Masehi, 1 tahun terbagi menjadi 12 bulan yaitu
dari Januari, Februari, hingga Desember.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUGAS 9AB

BAB II LISTRIK DINAMIS A. ARUS LISTRIK 1. Pengertian Arus Listrik dan Beda Potensial Arus listrik adalah aliran elektron-elektron ...